Laman

SELAMAT DATANG :)

Jumat, 16 Oktober 2015

Mengatasi Motor Mogok Mendadak


Motor yang tiba tiba mogok adalah sesuatu hal yang biasa, tidak pandang bulu jenis maupun umur motor anda, Jangan beranggapan bahwa jika motor yang masih baru akan terbebas dari mogok, Motor bila sudah terkena hujan atau menerobos banjir anda harus berwaspada agar mesin anda agar tidak kemasukan air.

Tidak begitu menjadi masalah jika motor yang mogok masih tidak jauh dari bengkel. Masalahnya adalah ketika motor anda mogok pada suatu lokasi yang jauh dari pemukiman. Parahnya lagi keadaan juga ikut memperburuk, seperti hujan deras atau disaat malam hari. Jadi penting sekali bagi pengendara motor untuk mengerti cara-cara pertolongan pertama pada motor yang mogok.

Untuk itulah saya akan berbagi tips sederhana cara mengatasi motor yang tiba tiba mogok,agar anda nantinya siap jika keadaan yang sangan menjengkelkan ini menimpa motor anda.

Pertama jangan pernah ketinggalan alat alat wajib seperti:
Kunci pas 10,12,14
Kunci Busi
Kertas gosok atau amplas
Obeng dengan dua sisi yang berbeda (obeng belimbing dan obeng min)
Kain lap
Busi cadangan yang pastikan masih baik.

Langkah langkah menganalisa kemungkinan sebab mesin ngadat
Periksa apakah bensin masih mengalir kedalam karburator.Caranya copot slang dari tangki yang ujungnya menancap pada karburator.Atau coba buka baut pembuangan bahan bensin yang berada dibawah karburator.Biasanya menggunakan obeng min (-).Jika bensin tidak ada yang keluar,cek filter bahan bakar apakah tidak tersumbat.Jangan lupa kontrol sekali lagi tangki dan bukaan kran yang digunakan untuk buka tutup aliran bensin.Namun jika bensin ternyata mengalir,berarti masalah bukan pada aliran bahan bakar.

Lepaskan busi,periksa kerenggangan kutubnya.Jarak Renggangan antara kutub busi yang baik adalah 1-1,5mm. Bersihkan kutub busi (ujung dalam) menggunakan kertas gosok sampai rata dan bersih dari kerak.

Cek pengapian yang dihasilkan 
Pasang kembali kabel busi dan test dengan cara menempelkan body busi kepada body mesin. Starter mesin dan lihat apakah ada bunga api keluar dari ujung busi. (Pesan: Jangan menyentuh ujung busi dengan tangan atau menggunakan bahan besi karena tegangan yang dihasilkan sangat kuat).

Jika tidak terlihat adanya bunga api
Cobalah diganti dengan busi cadangan yang pasti yakin masih baik.Jika masih tetap tidak ada bunga api yang memercik, bisa dipastikan karena ada kesalahan pada komponen pada sistem pengapian yang lain.Seperti: Koil,CDI,kabel kabel dan sambungan kabel yang longgar.
Coba periksa sambungan-sambungan kabel dari koil ke busi,dari koil ke CDI atau kabel-lain yang terhubung  ke CDI. Coba motor distart kembali Jika masih belum menemukan percikan api, maka masalah bisa jadi pada CDI dan koil pengapian yang rusak. Jika demikian berarti sampai disini anda harus berhenti memperbaiki sendiri. Karena jalan keluar satu satunya, motor harus ditangani oleh teknisi mesin yang sebenarnya.

Periksa nyala busi
Jika nyala busi berwarna kemerahan,terlihat sangat kecil sekali atau tersendat sendat. Cobalah test pengapian menggunakan busi lain/cadangan. Jika kemudian percikan api terlihat besar, berwarna biru terang berarti busi anda yang sebelumnya memang rusak. Sekarang pasangkan busi pengganti tersebut dan coba distarter, biasanya motor sudah bisa hidup lagi dan hanya disebabkan oleh kerusakan busi.

Busi menyala dengan baik, namun motor juga tak mau hidup.
Penyebabnya bisa ada dua kemungkinan: 
Setelan/timing pengapian yang tidak cocok, namun ini jarang terjadi secara tiba tiba. Jadi kemungkinan terbesar motor yang mogok secara tiba tiba adalah adanya masalah pada Karburator. Misalnya karburator kebanjiran, karburator kemasukan air, atau bensin yang bercampur dengan air sejak dari tangki.

Solusinya jika bahan bakar tercampur air:
Tutup kran bahan bakar dan kuras isi bensin pada karburator dengan cara mengendorkan baut buangannya dan buang sedikit bensin dari tangki dengan cara melepas slang yang menancap ke karburator. Jika ada bensin yang masuk kedalam tangki, akan mengendap dibawah karena masa jenis air lebih besar. Jadi jangan dibuang seluruhnya bensin anda didalam tangki.

Jika karburator kebanjiran
Tutup kran dari tangki untuk sementara, pergunakan coke (cuk) dengan jalan dibuka tutup sekaligus motor distarter dengan cara menggunakan kick starter (minta bantuan seseorang jika kesulitan sendiri). Namun jika masih tetap membandel, buka busi sekali lagi dan lihat ujungnya. Jika ujungnya basah berarti memang karburator kebanjiran dan bensin masuk sudah ke ruang bakar, Hal ini akan sulit motor dihidupkan,sebelum ruang bakar dikeringkan terlebih dahulu.

Caranya:
Busi jangan dipasang dulu,sumbal lubang busi dengan kain dan ditahan menggunakan tangan dan usaha ini memerlukan orang lain untuk membantu memutar starter engkol beberapa kali sampai terdengar suara mirip letupan. Kemudian pasang busi dan hidupkan mesin. Ulangi langkah tersebut beberapa kali sampai mesin bisa dihidupkan, Kalau motor masih dalam keadaan kompresi normal,timing pengapian yang normal ,masalah mesin ngadat karena kebanjiran bensin akan cepat teratasi.

Di atas hanyalah tips ringan mengatasi motor yang mogok bagi umum.Jika tips-tips di atas tidak  membantu anda untuk menghidupkan motor kembali, berarti telah terjadi kesalahan/kerusakan pada mesin yang hanya bisa ditangani oleh teknisi dengan peralatan yang lebih lengkap dan semoga tips ini bermanfaat untuk anda. (w33)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar